Kebutuhan
Produk Kecantikan Pond’s di Kalangan Masyarakat pada Remaja Putri di Wilayah
Bekasi
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami
panjatkan kepada Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa. Berkat limpahan karunia-Nya,
saya mendapatkan tugas makalah
yang bertema tentang “ Kebutuhan Produk Ponds pada Kalangan Masyarakat ”
yang diberikan tugas oleh Bapak Antoni , SE, MM selaku Dosen Pengantar
Manajement.
Produk
ponds sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat terutama pada kaum wanita, karena
setiap kaum wanita ingin memiliki wajah yang cantik dan bersinar. Kecantikan adalah sebuah kata yang memikat semua orang, kaum adam
terutama sangat memuja kecantikan. Dan kecantikan itu sendiri sangat erat
kaitannya dengan wanita di seluruh dunia.
Kecantikan di era modern saat ini pun semakin berkembang , meski
nilainya sangat relatif, tapi kecantikan tetap menjadi pujaan.
Terakhir,
ucappan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu
membuat makalah ini. Selain itu, saya pun mengucapkan terima kasih kepada Bapak
Antoni, SE, MM selaku Dosen Pengantar Manajement karena sudah mempercayakan
kepada saya untuk membuat makalah ini. Saya mengharapkan makalah saya dapat bermanfaat bagi seluruh
mahasiswa Universitas Gunadarma dalam memajukan produk-produk dalam negeri.
Bekasi, 27 Oktober
2011
BAB II
PEMBAHASAN
A . Sejarah Produk Ponds
Krim Pond’s ditemukan di Amerika Serikat sebagai obat oleh ilmuan
Theron T. Pond pada tahun 1846. Ponds mengambil sari pati teh penyembuh dari
witch hazel, dan mendapati bahwa sari pati tersebut dapat menyembuhkan goresan
kecil dan penyakit lain. Tidak lama kemudian produk tersebut dikenal dengan
nama Pond’s Extract. Menjelang 1910, Pond’s menjadi merek terkenal di antara
merek-merek lain di Amerika.
Mengkhususkan diri pada krim pembersih Pond’s, perusahaan Pond’s
memulai kampanye niaga yang kemudian menjadi terkenal karena banyak kaum
selebritis yang terlibat di dalamnya. “Pond’s Healing” berada di belakang
“Pond’s Vanishing Cream, karena “Pond’s Healing” dan “Pond’s Cold Cream”
dicetak dalam ukuran kecil di bawah iklan niaga“ Pond’s Vanishing Cream.”
Menjelang 1914, kata-kata “Pond’s Healing” dicabut dari iklan
tersebut, dan perusahaan Pond’s mulai mengiklankan “Pond’s Vanishing Cream” dan
“Pond’s Cold Cream” secara bersama-sama, memastikan untuk menjelaskan maksud
berbeda masing-masing krim di iklan baru tersebut. Satu baris iklan berbunyi:
“Setiap kulit normal membutuhkan dua krim ini”.
Di wilayah Bekasi produk Pond's sangat berpengaruh bagi masyarakat.
Hal-hal yang perlu diketahui dari tahun 1993 adalah meningkatnya penjualan
sebanyak 18% hingga mencapai Rp. 933 Milyar dan laba sebesar 16% menjadi
menjadi sebesar menjadi Rp. 79 Milyarserta laba bersihatas modal sendiri
mencapai tingkat tertinggi sebesar 61.5%. keberhasilan yang dicapai
tersebutterlihat pada peningkatan secara terus menerus. Di Bekasi tingkat kebutuhan produk pond's
mencapai 85% , di karenakan produk pond's dipercaya dapat mengatasi
masalah pada wajah di berbagai jenis kulit manusia. Masyarakat pun makin
mempercayai produk ini, karna sudah banyak konsumen yang menunjukan hasil
sempuran pada masalah kulitnya.
B . Pond’s Menurut Jenisnya
Pond's memahami bahwa wanita selalu merasa berkepentingan denagn
kulit yang indah. Sebagai perusahaan terkemuka dan terbesar dalam bidang produk
perawatan wajah, Pond's selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi kecantikan
secara menyeluruh yang dapat membuat kulit wanita lebih indah dari yang pernah
ia harapkan. Pond's dibedakan dalam 3 kategori produk, yaitu :
·
Pengendalian Minyak
Solusi Pengendalian Minyak Pond’s
dengan Vitamin B3nya, bahan pengurang minyak, triclosan dan tabir surya
membantu mengurangi dan mengendalikan kelebihan minyak pada kulit anda. Produk ini juga membantu untuk
menghidupkan kembali sel-sel mati dan mencegah timbulnya jerawat sehingga anda dapat tampil
segar setiap hari.
·
Pemutih Kulit
Produk Pemutih Kulit Pond’s bukan
hanya sekedar menjadikan kulit wanita menjadi putih, namun juga membuat kulit berkilau cerah. Pond’s White Beauty memiliki vitamin B3,
B6, E dan C sebagai penghilang
racun, yang menetralisir noda-noda penyebab flek hitam yang terdapat di dalam lingkungan dan mengurangi penumpukan zat
melanin, sehingga membuat kulit menjadi halus,
bersih dan cerah.
·
Penghambat Penuaan Dini
Produk
Pond's Anti Aging (Anti Penuaan Dini) sebagai produk masstige pertama memperkenalkan CLA sebagai bahan utama untuk
menghambat masalah penuaan dini. Dengan menggunakan produk tersebut, wanita
dapat terbantu mengembalikan serta meningkatkan kelembaban kulit dari lapisan
paling luar sampai lapisan paling dalam untuk menghaluskan kulit, mengurangi kepudaran
warna kulit, sebagai tanda-tanda penuaan dan mengurangi garis hitam di bawah
lingkar bola, kantung mata dan penonjolan hanya dalam waktu dua minggu.
Riwayat Pond’s
·
Produk Pond's pertama dibuat
pada tahun 1846, sejak saat itu merek tersebut telah menjadi produk kelima
perawatan diri yang paling menguntungkan di seluruh dunia.
·
Pada tahun 1886, Pond's
diluncurkan kembali sebagai Pond’s Extract dan pada tahun 1914 Pond’s Cold
Cream dan Vanishing Cream menandai evolusi merek menjadi lambang (ikon) kecantikan.
·
Pada pertengahan tahun 1920an,
Pond’s mencerminkan penguasaan posisi pasar ini dengan pengesahan dari ratu,
bintang Hollywood, dan masyarakat pemerhati masalah kecantikan. Citra gayanya
didukung oleh jaminan penyampaian produk dan pengertian rutinitas dan kebutuhan
kecantikan wanita.
Rahasia dibalik POND’S Flawless White™ adalah kandunganVAO-B3 complex, bahan aktif yang diciptakan khusus
untuk mencerahkan kulit secara optimal. VAO-B3 terdiri dari 4 bahan aktif yang diformulasikan
secara khusus untuk membantu membuat warna kulit wajah perempuan Asia tampak
lebih cerah merata serta menyamarkan noda hitam. Bahan aktif yang pertama yakni
Vitamin B3 (Niacinamide).Unileveradalahyangpertama kalimematenkanVitamin B3
untuk pencerah kulitpada tahun 1975 dan POND’S merupakan merekpencerah kulit
pertama yang menggunakanVitamin B3dalam formulasinya.
Bahan aktif yang kedua adalah Vitamin E yang dikenal sebagai bahan
anti oksidan, bekerja untuk membantu melawan pigmentasi karena sinar ultra
violet (UV). Allantoin, bahan aktif ketiga, berfungsi untuk mempercepat
peremajaan dan perbaikan sel kulit sekaligus mengontrol pigmentasi yang
disebabkan oleh terbakar panas matahari. Bahan aktif yang terakhir adalah Optic
System yang bekerja mencerahkan warna kulit wajah secara merata sehingga
terlihat berkilau alami.
C . Faktor yang
Berpengaruh pada Produk Pond’s
·
Berdasarkan survei yang pernah
dilakukan oleh Pond’s, lebih dari 60% remaja putri menyatakan bahwa mereka
mengenal produk Pond’s, dan setengah di antaranya menyukai dan mengkonsumsi
produk tersebut. Menanggapi hal itu, Unilever Indonesia mengungkapkan bahwa
sesungguhnya formula Pond’s memang tepat untuk karakter kulit remaja di
Indonesia yang merupakan daerah tropis, sehingga kulit wajahnya cenderung
berminyak
·
Kebanyakan remaja Indonesia
menginginkan kulit yang putih, maka Pond’s menciptakan produk Pond’s White Beauty untuk para
remaja, khususnya remaja Indonesia yang ingin memiliki kulit cantik dan
terlihat putih alami.
·
Pond’s juga menciptakan varian
produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya seperti: Pond’s Perfect
Matte yang cocok untuk kulit kombinasi; Pond’s Clear Solutions Anti-Bacterial
Facial Scrub untuk kulit berjerawat; dan Pond’s Pure White Deep Cleansing yang
menggunakan teknologi karbon aktif yang mengungkapkan murni putih wajah.
·
Promosi lainnya yang dilakukan
Pond’s adalah dengan mengelar event Pond’s Teens Concert. Event ini ditujukan
kepada remaja yang berada pada masa tergila-gila dengan berbagai konser musik
yang diadakan, maka dari itu Pond’s menggelar acara ini. Artis yang dipanggil
pun merupakan artis terkenal yang mempunyai banyak fans seperti Alexa, Afgan,
Nidji, Kotak, Ungu, dan masih banyak yang lainnya, sehingga para remaja
tersebut berbondong – bondong ingin menonton.
.
BalasHapus