Pengantar Bisnis
“ TUGAS MINGGU ke 1”
NAMA : 1) Pebriani
Utaminingsih (28 211 027)
2) Sarah
Natasha (26 211 612)
3) Kia
Rukayah (23 211 986)
4) Adinda
Amelia (21 211 194)
KELAS :
1 EB 19
1. Pengertian bisnis
Bisnis adalahKebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa yang
harus dipenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu
uang atau dengan tukar-menukar barang (
barter ) yang saling menguntungkan di antara 2 belah pihak.
Jadi yang
dimaksud dengan bisnis adalah
(1) memproduksi dan atau mendistribusikan barang
dan/atau jasa,
(2) mencari profit
(3) mencoba memuaskan konsumen dgn pelayanan
sebaik-baiknya.
2.
Proses munculnya bisnis
Proses munculnya bisnis
adalah segala jenis proses pelayanan dan proses – proses yang mendukung proses
produksi. Secara sederhana, proses bisnis digambarkan dengan model segitiga
pada gambar dibawah ini. Tujuan dari gambar atau model tersebut adalah untuk
menggambarkan supplier, proses input, prosescustomer, dan customer dengan
output lain yang terkait. Juga ditunjukkan feedback atau umpan balik dari
customers.
Proses bisnis terbagi menjadi beberapa proses yaitu :
1. Proses bisnis inti / utama
yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan pengguna produk atau jasa
2. Proses bisnis pendukung
yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan internal (karyawan perusahaan)
3. Proses bisnis manajemen
yaitu proses dimana perusahaan menyusun rencana, mengorganisasikan dan mengendalikan sumber daya yang ada.
4. Proses Network Bisnis
yaitu proses yang diselenggrakan utnuk pemasok, pemberi pinjaman, investor, pemerintah ataupun masyarakat umum.
Karakteristik proses bisnis yang baik adalah :
1. Adanya proses owner, yaitu orang yg ditunjuk langsung oleh manajemen untuk bertanggung jawab pada performansi proses agar efektif&efisien.
2. Batasan – batasan yang jelas akan proses bisnis yang ada.
3. Kejelasan hubungan internal dan pertanggung jawabannya.
4. Prosedur, tugas kerja, kebutuhan training terdokumentasi dengan baik
5. Memiliki ukuran-ukuran dan system feedback pada setiap aktivitas.
6. Memiliki ukuran-ukuran dan target yang berhubungan dgn kepuasan user.
7. Waktu siklus dari setiap aktivitas diketahui dengan jelas.
8. Mempunyai perumusan atau perubahan prosedur.
9. Mengetahui tentang bagaimana langkah – langkah selanjutnya agar menjadi lebih baik.
Proses bisnis terbagi menjadi beberapa proses yaitu :
1. Proses bisnis inti / utama
yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan pengguna produk atau jasa
2. Proses bisnis pendukung
yaitu proses yang diselenggarakan untuk melayani pelanggan internal (karyawan perusahaan)
3. Proses bisnis manajemen
yaitu proses dimana perusahaan menyusun rencana, mengorganisasikan dan mengendalikan sumber daya yang ada.
4. Proses Network Bisnis
yaitu proses yang diselenggrakan utnuk pemasok, pemberi pinjaman, investor, pemerintah ataupun masyarakat umum.
Karakteristik proses bisnis yang baik adalah :
1. Adanya proses owner, yaitu orang yg ditunjuk langsung oleh manajemen untuk bertanggung jawab pada performansi proses agar efektif&efisien.
2. Batasan – batasan yang jelas akan proses bisnis yang ada.
3. Kejelasan hubungan internal dan pertanggung jawabannya.
4. Prosedur, tugas kerja, kebutuhan training terdokumentasi dengan baik
5. Memiliki ukuran-ukuran dan system feedback pada setiap aktivitas.
6. Memiliki ukuran-ukuran dan target yang berhubungan dgn kepuasan user.
7. Waktu siklus dari setiap aktivitas diketahui dengan jelas.
8. Mempunyai perumusan atau perubahan prosedur.
9. Mengetahui tentang bagaimana langkah – langkah selanjutnya agar menjadi lebih baik.
3.
Berikut
jenis-jenis bisnis & contohnya
BISNIS
Menurut Jenis Kegiatannya :
Ekstraktif : Bisnis yang melakukan kegiatannya dalam bidang pertambangan. contoh :
alumunium, batu bara, emas, dll
Agraria : Menjalankan bisnis dalam bidang pertanian contoh : tembakau, beras,
cengkeh,budidaya ikan, udang, ternak, dll
Industri/manufacturing: Bergerak dibidang industri, misal : tekstil. garmen, mebel, dll
Jasa : Memenuhi kebutuhan pelayanan jasa, misal : jasa kecantikan, pendidikan,
perbankan, dll
BISNIS
Menurut Dasar Kegunaan :
Kegunaan bentuk
( Form Utility ) : Mengubah dari
bentuk tertentu menjadi barang yang lain, misal : perusahaan
roti, mebel, keramik, tegel, kain.
Kegunaan tempat
( Place Utility ) : Memindahkan sesuatu dari suatu
tempat ke tempat yang lain, misal transportasi/pengangkutan barang maupun
manusia.
Kegunaan waktu
( Time Utility ) : Menyimpan barang pada waktu kurang
bermanfaat untuk dikeluarkan pada saat lebih bermanfaat, hasil panen.
Kegunaan milik
( Posesion Utility ) : Menciptakan/
memenuhi kegunaan kepemilikan terhadapsuatu barang/jasa, misal : kecantikan,
kesehatan, keamanan, dll
No.
|
Contoh
|
Kegiatan
|
Kegunaan
|
1.
|
BISNIS EKSTRAKTIF
|
||
SPBU
|
Ekstraktif
|
Tempat ,waktu
|
|
Agen ELPIJI
|
Ekstraktif
|
Tempat, Waktu
|
|
Pertamabangan Batu Bara
|
Ekstraktif
|
Kepemilikkan
|
|
Aqua
|
Ekstraktif
|
Tempat, Waktu
|
|
PT
Semen Bisnis ekstraktif
|
Ekstraktif
|
Bentuk & Tempat
|
|
2.
|
BISNIS AGRARIS
|
||
BULOG
|
Agraris
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
Bimoli
|
Agraris
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
Nata de Coco
|
Agraris
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
Kacang Garuda
|
Agraris
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
Gulaku
|
Agraris
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
3.
|
BISNIS INDUSTRI
|
||
PT. EPSON
|
Industri
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
PT. SANYO
|
Industri
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
YAMAHA
|
Industri
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
Bridgetsone
|
Industri
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
LG
|
Industri
|
Bentuk, Kepemilikkan, Waktu
|
|
4.
|
BISNIS JASA
|
||
Baby Siter
|
Jasa
|
Waktu
|
|
Rumah Sakit
|
Jasa
|
Tempat, Waktu
|
|
Taxi
|
Jasa
|
Waktu
|
|
Sekolah
|
Jasa
|
Tempat, Kepemilikkan
|
|
Bidan
|
Jasa
|
Waktu
|
4.
Pengertian &
macam-macam Sistem Ekonomi
Sistem
Perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara
untuk mengalokasikan sumber daya yg
dimilikinya baik kepada individu/ organisasi di negara tersebut.
Perbedaan mendasar sistem ekonomi dgn sistem
ekonomi lainnya
adalah bagaimana cara sistem itu
mengatur faktor produksinya.
Macam-macam
sistem ekonomi
1) KAPITALISME
Yaitu
suatu paham yg meyakini bahwa pemilik
modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi
prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna
keuntungan bersama. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki
definisi universal yang bisa diterima secara luas.
2) SOSIALISME
Yaitu
sistem perekonomian yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk
melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dgn campur tangan pemerintah.
3) KOMUNISME
Yaituperan pemerintah sebagai pengatur seluruh
kegiatan perekonomian. Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan
pribadi, sehingga nasib seseorang ditentukan oleh pemerintah.
Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang
besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan
kebersamaan.
4) MERKANTILISME
Yaitu
sistem politik ekonomi yg sangat mementingkan perdagangan internasional dengan
tujuan untuk memperbanyak aset dan modal yang dimiliki suatu negara. Pemerintah
negara mendukung ekspor dengan insentif dan menghadang import dengan tarif.
5) FASISME
Yaitu
paham yang mengedepankan bangsa sendiri & memandang rendah bangsa lain,
fasisme merupakan sikap rasionalism yg berlebihan.
6) DEMOKRASI
EKONOMI
Dianut oleh Indonesia adalah “Demokrasi” ekonomi yang
berdasarkan Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945.
Sistem demokrasi ekonomi yaitu sistem ekonomi yang
berasal dari rakyat, dan ditujukkan untuk kepentingan rakyat.
5. Tujuan
kebijakan bisnis
Tujuan kebijakan bisnis yaitu :
1) Melindungi usaha kecil dan menengah.
karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usahamenengah
ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir. Jadi usaha kecil ini perlu dikembangkan
sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
2) Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
Melakukan bisnis di Negara kita ini memiliki aturan. Aturan tersebut untuk
tidak merusak/ memberi dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah
tempat usaha tersebut.
Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh
penduduk sekita, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para
pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan
berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
3) Melindungi konsumen.
Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Segala yg diberikan kepada konsumen
haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa
dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen
tidak segan-segan bekerja sama kembali.
4) Pendapatan pemerintah.
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga
memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperasi memiliki
kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut
dengan devisa.
Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu usaha bisnis, semakin besar
pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh
tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di
tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap
uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar