“ TUGAS MINGGU ke 6 ”
- Perbedaan pasar dengan pemasaran !
Pasar adalah Individu atau kelompok
maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan,
berdaya beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan
atas barang atau jasa.
Sedangkan pemasaran adalah proses dimana
individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan
sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau
mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar
memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok
tersebut.
- Sebutkan 5 contoh jenis pasar industri & pasar penjual !
Pasar Industri
Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri.
Di pasar industri, pembelinya bisa individu, lembaga atau organisasi. Mereka membeli barang untuk dipakai sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsumen. Biasanya barang yang dibeli adalah barang industri.
Contohnya : 1) sabun dan vaselin untuk usaha cuci motor
2) gula,
buah-buahan dan es batu untuk usaha juice
3) gunting
rambut, shampo untu usaha potong rambut
4) komputer, modem, server connection untukusaha warnet
5) tepung
terigu, telur, mentega untuk usaha bakery
Pasar Penjual
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya : 1) Anda
buka grosir buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Atau seperti yang saya
lakukan.
2)
Beli kepiting bakau dari pengepul di Kalimantan,
kemudian
saya
jual ke eksportir.
3)
Pedagang pakaian dari daerah membeli pakaian di
tanah
abang dgn berlusin lusin untuk
selanjutnya dijual kembali.
4) Pengusaha
membeli tanah untuk membuat arena futsal indoor yg selanjutnya akan disewakan .
5) Membeli
sejumlah pakaian adat untuk disewakan pada acara pernikahan.
- Apa yang dimaksud dengan konsep inti pemasaran !
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang
dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan
barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta
tujuan perusahaan.
Konsep-konsep inti pemasaran
meliputi:kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
1) Target markets and segmentation
Segmentasi
berkaitan dengan pengelompokan pasar yang menuntut bauran pemasaran yang
berbeda. Segmen pasar ini dapat diidentifikasi berdasarkan aspek demographic,
psychographic dan perilaku konsumen.
2) Marketplace, marketspace & metamarket.
2) Marketplace, marketspace & metamarket.
*Marketplace
bersifat fisik seperti seseorang berbelanja di suatu toko. *Marketplace,
marketspace bersifat digital seperti seseorang berbelanja melalui internet.
*Metamarket
bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri yang relevan
seperti automobile metamarkets, terdiri dari: pabrik mobil, dealer mobil,
lembaga keuangan, perusahaan asuransi.
3) Marketers and prospects
3) Marketers and prospects
Marketer
adalah seseorang/ organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respons
(perhatian, pilihan dan pembelian) dari pihak lain atau prospect.
4) Need, wants and demand
4) Need, wants and demand
Marketer
harus berusaha memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pasar sasaran.
5) Product, offering and brand
5) Product, offering and brand
Produk
berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan kepada
konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
6) Value and satisfaction
6) Value and satisfaction
Kesesuaian
antara kinerja produk dengan tuntutan konsumen akan membentuk kepuasan bagi
konsumen yang bersangkutan.
7) Exchange and transactions
7) Exchange and transactions
Pertukaran
merupakan proses mendapatkan suatu produk dari pihak tertentu melalui
penawaran.
8) Relationships and networks
8) Relationships and networks
Relationship
marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang saling memuaskan dalam jangka
panjang dengan konsumen, pemasok, distributor dan lainnya.
9) Marketing channels
9) Marketing channels
Untuk
mencapai pasar sasaran, marketer menggunakan tiga jenis saluran pemasaran,
yaitu: pertama, cummunication channels(menerima
pesan kepada dan dari pasar sasaran) Ke dua, distribution channels(menyampaikan produk) Ke tiga, service channels (menyelenggarakan
transaksi dengan pembeli potensial yang melibatkan warehouse)
10) Supply chain
10) Supply chain
Menggambarkan
rentang saluran yang lebih panjang mulai dari bahan baku, produk akhir sampai
ke pembeli akhir.
11) Competition
11) Competition
Mencakup
seluruh pesaing aktual dan potensial.
12) Marketing environment
12) Marketing environment
Terdiri
dari lingkungan tugas mencakup perusahaan, pemasok, distributor, konsumen dan
lingkungan yang lebih luas mencakup lingkungan demograpi, lingkungan ekonomi,
lingkungan alam, lingkungan teknologi, limgkungan politik-legal dan lingkungan
sosial-budaya.
13) Marketing program
13) Marketing program
Tugas
marketer adalah mengembangkan suatu program pemasaran atau rencana untuk
mencapai tujuan perusahaan
4. Sebutkan
& jelaskan 4 variabel bauran promosi !
4 variabel bauran promosi yaitu :
1. Product (produk) yaitu
segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang,
dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality,
design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and
returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
5.Beberapa alternatif dalam sistem pemasaran !
Alternatif dalam sistem pemasaran, yaitu
1. Strategi kebutuhan primer
1) Menambah jumlah pemakai dan
2) Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
a) Mempertahankan pelanggan
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b) Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
1) Menambah jumlah pemakai dan
2) Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
a) Mempertahankan pelanggan
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b) Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar